Home Travel & Wisata 15 Tempat Wisata Menarik di Dieng Plateau

15 Tempat Wisata Menarik di Dieng Plateau

610
0

Dataran tinggi Dieng merupakan dataran tinggi yang memiliki ketinggian mencapai 2.093 mdpl. Terletak di dua Kabupaten yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Dataran tinggi Dieng memiliki udara yang sejuk atau boleh di kata cukup dingin lengkap dengan kabut di saat Matahari mulai terbit. Suhunya berkisar 15°C sampai 20°C. Dataran tinggi Dieng pun terkenal dengan tempat tempat wisatanya yang menarik dan panorama nya yang indah. Dataran tinggi Dieng juga merupakan sebuah kawasan vulkanik aktif dan memiliki beberapa puncak juga kepunden kawah. Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang mnarik dan panorama nya yang indah, dataran tinggi Dieng juga terkenal dengan pertaniannya yang subur dan agrowisata nya yang menarik. Pertanian yang terkenal di sini adalah penghasil kentang terbesar di Jawa Tengah dan sudah di nikmati oleh berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu dataran tinggi Dieng juga terkenal sebagai penghasil Purwaceng dan Carica.

Purwaceng adalah tumbuhan semacam semak yang di jadikan sebagai obat herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sedangkan Carica adalah tanaman endemis di Dieng, buahnya menyerupai pepaya dan bentuknya tergolong lebih kecil dari pepaya dan memiliki tekstur yang kenyal. Dan biasanya masyarakat sekitar membuatnya menjadi manisan atau bahan campuran minuman.

Dieng Plateau Wonosobo juga memiliki tempat wisata yang menarik dan wajib Anda kunjungi, terasa sayang jika Anda lewatkan. Saya akan menceritakan beberapa tempat yang menarik di kawasan Dieng Plateau yang saya ketahui yaitu ada 15 tempat wisata Dieng yang wajib Anda kunjungi berikut penjelasannya;

1. Bukit Sikunir 

bukit sikunir

Bukit Sikunir adalah bukit yang terkenal dengan sunrise nya, para wisata menyebutnya sebagai tempat berburu sunrise. Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan dan desa ini merupakan tertinggi di Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai kurang lebih 2.300 mdpl. Di namakan Desa Sikunir karena banyaknya wistawan yang berburu sunrise dan ketika sunrise warna Matahari nya berwarna kekuningan seperti Kunir (kunyit). Sehingga masyarakat setempat menamainya dengan sebutan Sikunir.

2. Bukit Sidengkeng atau Petak 9

bukit sindereng

Bukit Sidengkeng atau Petak 9 merupakan tempat yang sama. Bukit Sidengkeng berlokasi di Dieng Wetan yang letaknya pun tidak jauh dari Telaga Warna karena lokasinya yang berdekatan. Dari komplek Candi Arjuna jaraknya kurang lebih 2 kilometer. Tempat ini memiliki keistimewaan tersendiri dari pemandangan nya yang indah dan panorama nya yang menarik. Dari atas Bukit Sidengkeng Anda bisa melihat Landscape Telaga Warna dan Telaga Pengilon juga perbukitan di sekitarnya. Rasanya kurang lengkap jika saya berkunjung ke Dieng Plateau tetapi tidak mampir ke tempat ini.

3. Telaga Warna 

Telaga warna

Telaga Warna adalah salah satu landmark di wisata Dieng. Nama Telaga Warna ini di ambil dari warnanya yang berbeda dengan warna telaga lainnya serta memiliki legenda tersendiri. Dominasi warna dari telaga ini adalah Hijau, Biru Laut, dan Putih Kekuningan. Telaga ini berseberangan dengan Telaga Pengilon. Anda juga bisa melihat keindahan telaga dari Bukit Sidengkeng dan bisa juga dari Bukit Batu Ratapan Angin (Batu Rata). Batu Ratapan Angin letaknya pun masih di sekitar area Telaga Warna.

4. Telaga Pengilon 

Telaga Pengilon

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Telaga Warna tetapi tidak berkunjung ke Telaga Pengilon. Letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna. Meskipun bersebelahan namun memiliki karakteristik yang berbeda. Telaga Pengilon ini memiliki warna air yang jernih ,sedang Telaga Warna memiliki warna air yang hijau atau kebiru lautan. Di sekelilingnya terdapat perbukitan yang indah dan tampak asri. Apalagi buat Anda yang hobby pasti akan terkesan dan merasa tertarik.

5. Telaga Merdada 

Telaga Merdada

Keindahan wisata Dieng Plateau memang begitu indah dan selalu banyak pengunjung dari berbagai daerah. Telaga Merdada ini merupakan telaga terluas di kawasan Dieng. Terletak di Desa Karangtengah, Batur, Banjarnegara. Destinasi para wisata ke telaga ini karena bentuknya yang menyerupai letusan Gunung Berapi namun tergenang dengan air sehingga para wisata banyak yang tertarik untuk berkunjung. Akan terlihat jelas jika para wisatawan melihatnya dari ketinggian.

6. Komplek Candi Arjuna 

Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan candi simbol kepariwisataan di Dieng. Di sekitar juga terdapat candi candi lainnya seperti Candi Bima, Candi Gatotkaca, Candi Semar, Candi Srikandi dan candi lainnya. Sehingga di kenal dengan sebutan komplek Candi Arjuna. Dinding candi nya pun berhiaskan Arca dan Relief yang menarik perhatian para wisatawan untuk wajib berkunjung ke candi ini. Selain untuk berfoto foto para wisatawan biasanya bersinggah ke sini untuk menikmati keindahan panorama nya yang masih kelihatan alami dan udaranya yang sejuk. Di setiap tahunnya di komplek ini di adakan acara ritual pemotongan rambut gimbal yang di namakan dengan sebutan “Dieng Culture Festival”, yang biasa di adakan di setiap awal bulan Agustus setiap tahunnya.

7. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang di jadikan wisata dan selalu ramai di datangi pengunjung. Letaknya berada di kawasan Dieng Timur. Pemandangan sekitar kawah sangat menarik karena adanya perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur. Kawah ini di namakan Sikidang karena kolom magma di kawah sering berpindah pindah. Gejolak magma nya pun cukup tinggi mencapai setengah meter hingga 1 meter.

8. Kawah Sileri

Kawah Sileri

Kawah Sileri merupakan kawah yang mengeluarkan asap putih dan merupakan salah satu kawah terbesar di Dieng. Di beri nama Sileri karena air kawahnya yang berwarna putih yang mirip seperti air bekas cucian beras. Istilah bahasa Jawa nya “Leri  “. Anda dapat mencapai kawah ini dengan perjalanan 7 kilometer dari Dieng utama.

9. Kawah Candradimuka 

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka adalah kawah yang sudah terkenal di legenda pewayangan. Konon cerita kawah ini adalah tempat di mana Gatotkaca di Jedi (di mandikan). Sehingga memiliki kesaktian yang luar biasa dan letaknya kurang lebih 6 kilometer dari pusat wisata Dieng. Kawah ini merupakan kawah yang berbahaya di Dieng karena bau belerangnya yang sangat tajam. Sehingga para wisata di himbau untuk berhati hati jika berkunjung ke tempat ini.

10. Gunung Prau

Gunung Prau

Gunung Prau adalah tempat wisata yang di khususkan bagi Anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam. Gunung Prau terletak di ketinggian 2.565 mdpl dan tidak setinggi gunung lainnya. Jalur pendakian ke Gunung Prau melewati Bukit Teletubbies yang terdapat hamparan rumput yang hijau seperti di film kartun Teletubbies di televisi.

11. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan sebuah bangunan seperti gardu yang terletak di trip jalan raya di kawasan Dieng. Tempat ini di jadikan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan dan panorama kawasan Dieng Plateau. Tempatnya begitu indah dan banyak para wisata yang mampir ke sini. Tempat ini memiliki ketinggian sekitar 1.700 mdpl serta hamparan lahan pertaniannya yang subur dan tertata asri.

12. Dieng Plateau Theater 

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater merupakan salah satu wujud seriusnya para pengelola kawasan Dieng mengembangkannya menjadi tujuan wisata yang banyak di minati di Jawa Tengah. Tempat ini banyak di minati dan kunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Bangunan ini merupakan bangunan yang cukup megah yang di jadikan tempat penayangan dokumenter tentang Dieng Plateau. Dieng Plateau Theater juga memiliki kapasitas 60 tempat duduk. Judule film yang di tayangkan “Bumi Kahyangan Dieng Plateau” yang berdurasi 20 menit. Itulah yang membuat saya tertarik untuk berkunjung ke Dieng Plateau. Dan tidak lengkap rasanya jika saya tidak singgah ke Dieng Plateau Theater saat berwisata di kawasan Dieng Plateau.

13. Batu Ratapan Angin 

Batu ratapan angin

Batu Ratapan Angin merupakan sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna. Pengunjung bisa sampai ke Batu Ratapan Angin dengan melewati area Telaga Warna dan harus berjalan kaki kurang lebih setengah jam untuk sampai di atas Bukit Batu Ratapan Angin ( Bukit Batu Rata ).

14. Telaga Cebong 

Telaga Cebong

Selain Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Merdada,destinasi lainnya adalah Telaga Cebong. Telaga Cebong terletak di Desa Sembungan yang merupakan Desa tertinggi di Jawa Tengah. Para wisatawan biasanya dari Bukit Sikunir mampir ke Telaga Cebong karena letaknya yang tidak jauh dari Bukit Sikunir. Di sekitar Telaga Cebong terdapat panorama dan pemandangan yang indah dan menarik yang wajib Anda kunjungi. Anda pun dapat menikmati keindahannya, seperti telaga alam dan pertanian milik penduduk. Letaknya yang berkisar lebih dari 2.300 mdpl. Banyak yang mengatakan bahwa Telaga Cebong ini di juluki dengan sebutan telaga di atas awan.

15. Sumur Jalatunda 

Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda berlokasi di Desa Pekasiran, yang sudah masuk wilayah Banjarnegara. Kurang lebih 12 kilometer di sebelah barat lokasi utama wisata Dieng. Konon cerita sumur ini dulunya hanya sebuah Ceruk rekahan kawah yang kemudian di genangi air dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter. Lama lama Ceruk tampak seperti sumur hingga di beri nama “Sumur Jalatunda”. Untuk mencapai tempat ini Anda harus siap menapaki 257 anak tangga. Di tangga terakhir Anda akan menemukan sebuah karung yang berisi batu kerikil. Menurut cerita masyarakat setempat barang siapa yang melempar batu kerikil ini dari seberang sumur sampai ke seberang berlawanan maka harapannya akan terkabul. Ketika Anda mengunjungi tempat tersebut Anda akan menemukan para penjual batu ini dan harga jual per kerikil kurang lebih 500 rupiah sampai 1000 rupiah.

Demikian sekiranya sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai tempat tempat wisata yang menarik di Dieng Plateau. Selain tempat wisatanya yang terkenal dan pemandangannya yang sangat indah, Anda juga dapat menikmati aneka kuliner dan oleh oleh khas Dieng Plateau. Jangan lupa jika Anda berkunjung ke kawasan Dieng Plateau harus membawa Jaket atau Baju Hangat karena udaranya yang cukup dingin sehingga badan tidak kedinginan. Anda juga harus mencicipi kuliner khas Wonosobo yaitu “Mie Ongklok dan Sate Sapi”. Serta membeli oleh oleh khas Dieng seperti Souvenir Dieng, Aneka olahan dari Kentang, Kentang kerikil (bentuknya yang kecil kecil), Tanaman Purwaceng ( tanaman obat herbal), dan Carica. Carica pun sudah terkenal dan banyak di temui di setiap kios di daerah yang berupa manisan Carica khas Dieng. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang “ Dieng Plateau”, silahkan Anda berkunjung langsung ke kawasan dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Di mana kawasan ini merupakan kawasan yang banyak tempat tempat wisata nya yang menarik dan pemandangan panorama nya yang indah.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here