Seiring waktu, kini banyak orang mengalihkan segala aktivitas mereka ke dalam genggaman smartphone. Salah satu aktivitas yang menjadi tren sekarang adalah nonton film dan serial melalui layar ponsel.

Praktis dan bisa nonton dimana saja jadi alasan utamanya. Apalagi perkembangan teknologi smartphone sekarang sudah mendukung tampilan resolusi tinggi sampai dengan 4K.

Jika ingin nonton drama korea dengan layar yang lebih besar, smartphone juga mampu mengalihkan layarnya ke TV/Monitor besar melalui HDMI dan mirroring wireless. Artinya cukup dengan smartphone kamu bisa menonton tayangan kesayanganmu secara online maupun offline.

Salah satu tayangan yang paling banyak penggemarnya di Indonesia adalah serial drama korea atau yang biasa disebut K-Drama. Agaknya demam K-Drama di negeri ini belum akan berakhir mengingat semakin mudahnya akses menonton tayangan dari negeri gingseng tersebut.

Akses termudah pastinya lewat video streaming yang banyak ditawarkan puluhan situs website. Namun kembali soal kepraktisan, nonton via smartphone jadi pilihan favorit.

Ketimbang harus membuka browser dan dibingungkan dengan banyaknya situs yang tak jelas, menggunakan aplikasi video on demand pada smartphone yang sudah tersedia banyak serial drama Korea akan lebih praktis tentunya.

Aplikasi Nonton Drama Korea Online memang telah banyak, namun ada dua hal yang biasanya dikeluhkan orang Indonesia. Pertama tidak ada subtitle Indonesia, yang kedua harus langganan perbulan.

Beruntung ada 3 aplikasi nonton online yang bisa jadi andalan khususnya bagi kamu yang berkantong cekak. Tanpa harus membayar kamu bisa sepuasnya nonton serial drama Korea berbahasa Indonesia secara gratis.

3 aplikasi itu adalah Dramot, Viki, dan Viu. Karena gratis, tentunya kamu harus rela jika di tengah penayangan atau pada tampilan menu terdapat iklan. Soalnya iklan menjadi sumber monetisasi utama mereka jika kamu tidak ingin membayar perbulan.

Berikut sekilas tentang 3 Aplikasi Nonton Drama Korea Online Berbahasa Indonesia.

  • Dramot

Dramot

Bukan tanpa alasan Dramot menjadi pilihan pertama dan favorit soal tayangan K-Drama. Soalnya selain aplikasi ini satu-satunya yang sepenuhnya gratis, Dramot juga aplikasi yang paling lengkap memuat serial drama Korea terbaru.

Jangan heran jika drama Korea yang baru tayang di negeri asalnya, dalam hitungan hari sudah tayang di Dramot. Dramot juga secara khusus hanya menayangkan tayangan-tayangan TV populer di Asia, dan yang paling banyak porsinya tentu drama Korea.

Serial-serial dalam Dramot juga sudah dimuat dengan berbagai pilihan bahasa subtitle. Nah, pilihan indosub jadi pilihan kita kalau ingin menayangkan subtitle berbahasa Indonesia.

Namun agaknya bagi kamu yang tidak berkenan dengan tayangan yang belum jelas kelegalannya, aplikasi ini mungkin tidak rekomendasikan. Soalnya sumber film mereka bukan dari produsernya langsung.

Pihak Dramot mengklaim bahwa video on demand mereka hanya mengambil dari sumber lain, yang tentunya video tersebut akan bisa hilang sewaktu-waktu.

Maka jangan heran jika pada daftar serial Dramot jarang ditemui serial drama yang lama, karena memang Dramot tidak memiliki secara langsung database video-video yang mereka tampilkan.

Tapi untuk serial drama korea terbaru bahkan yang masih on-air, Dramot yang terbaik. Pengalaman penulis juga belum menemukan ada kendala seperti kekhawatiran akan hilangnya beberapa seri drama.

Kekurangan Dramot ada pada user interface-nya. Beberapa kali ada bug saat menjalankan aplikasi ini. Juga terlalu banyak tampilan dan pilihan sentuh yang akan mengarahkan kita pada iklan.

Namun kabar baiknya iklan tersebut tidak akan muncul di tengah-tengah video, jadi kamu hanya terganggu di awal tapi tidak ada gangguan saat menonton.

Kekurangan lain pada video player Dramot tidak tersedia pilihan resolusi video. Maka kita tidak bisa menurunkan dan menaikkan kualitas gambar menyesuaikan dengan kecepatan dan kuota internet kita.

  • Viki

viki

Viki dan drama Korea, seperti dua hal yang tak terpisah. Ya, Viki memang identik dengan tayangan Korea seperti K-Drama, TV show, dan K-Pop. Viki secara resmi bekerja sama dengan stakeholder Korea, tujuannya untuk mempromosikan industri hiburan Korea.

Soal drama Korea, segudang judul ada dalam database Viki, dan kamu bisa membuka semuanya secara gratis. JIka dulu Viki hanya ada pada situs website, sekarang Viki tersedia dalam bentuk aplikasi yang praktis dan user friendly.

Viki tidak membebani biaya apapun pada kita. Namun bagi kamu yang tidak ingin diganggu iklan saat menonton video, mereka memberikan opsi Viki Pass untuk menghilangkan semua iklan. Harga Viki Pass saat ini Rp.75.000/bulan atau Rp.739.000/tahun.

Soal kelengkapan judul K-Drama terbaru, Viki memang tak selengkap Dramot. Namun Viki lebih punya banyak database film dan serial dari yang terdahulu sampai yang terbaru.
Soal kelegalan video yang ada di Viki dijamin legal 100%, karena semua video dimuat setelah mengatongi izin dari produser drama. Pilihan subtitle juga gak karuan banyak, dan subtitle Indonesia adalah salah satu dari total 150 bahasa subtitle.

Video player Viki juga punya kinerja yang baik. Kamu bisa memilih berapa resolusi yang kamun inginkan, mulai dari 240p sampai dengan HD. Tampilan subtitle juga bisa diubah besar kecilnya.

  • Viu

VIU

Viu adalah pendatang baru soal aplikasi video on demand. Digawangi oleh pemain lama Vuclip, Viu hadir untuk menantang pemain besar seperti Netflix dan iflix dengan mengandalkan tayangan drama Korea.

Seperti halnya Netflix dan iflix, Viu sejatinya memang aplikasi dengan konsep berbayar. Tapi bagi kamu yang tidak ingin berlangganan Rp.30.000/bulan, beberapa konten Viu bisa ditonton secara gratis.

Konten Viu yang bisa dilihat secara gratis itu adalah tayangan yang sudah berusia lebih dari dua tahun. Itu artinya jika sekarang tahun 2016, maka kamu bisa menyaksikan serial drama korea yang di produksi tahun 2014 ke bawah.

Sebagai promosi, Viu menggratiskan selama setahun khusus bagi pelanggan IndiHome dari Telkom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here