5 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik untuk Perangkat Android

5 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik untuk Perangkat Android

Dari semua aplikasi yang ada di platform Android, aplikasi GPS dan navigasi bisa dibilang yang paling penting dan sangat berguna. Nggak percaya? Coba saja tanya siapapun yang pernah tersesat di jalan, pasti bakalan setuju.

Bagusnya sekarang udah banyak aplikasi yang seperti itu  di Android. Yang terkenal dan paling mainstream ya Google Maps. Tapi ternyata banyak juga yang memilih aplikasi lainnya karena dianggap lebih bagus, sekaligus biar jadi anti mainstream kan?

Untuk mengetahui aplikasi mana yang paling dapat diandalkan, kita sudah pilihin aplikasi GPS dan navigasi terbaik di Android. Ini dia daftarnya.

Google Map

google-map

Sudah nggak kebantah lagi lah ya kalo aplikasi ini memang paling banyak dipakai jutaan user. Soalnnya selain memang sudah teruji kehandalannya, Google Maps seringnya jadi aplikasi bawaan (preinstalled).

Jadi bagi orang yang gak terlalu milih-milih, Google Maps sudah dianggap memenuhi kebutuhan GPS dan navigasi. Tapi tak sedikit juga yang “berpaling hati” dan memilih aplikasi lain karena beberapa alasan, salah satunya karena Google Maps tak bisa berjalan secara offline.

Jika kamu sekarang masih berpikir kalau Google Maps tak support sebagai navigasi offline, kayaknya kamu perlu balik lagi menjajal aplikasi terupdate-nya. Kini Google Maps telah menambahkan kemampuan untuk men-download bidang peta untuk penggunaan offline, dan itu termasuk dalam hal navigasi.

Jadi bagi kamu yang berada atau menuju ke daerah yang susah internet, cukup pastikan untuk men-download area yang kamu butuhin sebelum kamu meninggalkan rumah.

HERE Maps

here-maps

Kelebihan HERE yang banyak disukai banyak orang adalah kemampuan offline-nya, Dengan HERE, memungkinkan kamu untuk men-download peta dari seluruh negara dan menggunakannya hampir persis seperti saat kamu melakukan secara online.

Tentunya kamu harus terlebih dahulu mendaftar untuk men-download peta, tapi setelah itu, kamu boleh men-download sebanyak yang kamu inginin, semuanya gratis!

Yang perlu kamu tahu, aplikasi ini dikembangkan oleh Nokia dan dianggap sebagai produk terbaik mereka. Siapa yang gak tahu Nokia? mantan raja ponsel dekade lalu tentu saja gak main-main dalam merancang aplikasi ini.

Katanya sih Nokia menawarkan estetika yang berbeda dalam menjalankan GPS dan navigasi, dan beberapa dari kita mungkin lebih suka. Silahkan saja coba dan bandingkan, nggak diragukan lagi kalau HERE merupakan aplikasi terbaik baik dibidangnya.

Waze Social GPS Maps & Traffic

waze-gps-map-app

Waze adalah aplikasi navigasi yang berbasis pada komunitas untuk mendapatkan informasi lalu lintas. sehingga gak heran kalau aplikasi ini jadi salah satu yang paling populer di di Play Store.

Sebagai anggota dari komunitas Waze, kamu dapat melaporkan kecelakaan, razia atau cegatan polisi, penutupan jalan, dan kemudian kamu bisa saling bersilang informasi dengan pengguna lain dan semuanya bisa tersiar ke pengguna lain.

Waze juga punya tampilan antarmuka (user interface) yang sangat bagus dan beberapa fitur menarik lainnya. Seperti penunjuk SPBU mana yang terbaik dan termurah di sepanjang perjalanan.

Selain itu ada juga sistem berbasis poin, dimana kalau kamu menjadi anggota aktif kamu akan punya peringkat tinggi dan mendapat banyak poin.

Maps.Me – Offline Map & Routing

maps-me-offline-map-routing

Dinilai dari kehandalannya Maps.Me layak jika awalnya dibandrol dengan nilai USD $ 4,99. Jadi bisa dibayangkan kegembiraan orang-orang ketika tauh aplikasi ini dibuat benar-benar gratis.

Jika kamu belum memiliki dan menjajal Maps.Me, kita sangat saranin untuk dicoba. Salah satu yang terbaik dari aplikasi peta Android ini adalah user interface yang jelas dan sederhana.

Selain itu ia juga bekerja secara offline, dan termasuk poin menarik lainnya seperti informasi tempat yang lengkap seperti kereta bawah tanah stasiun, ATM, SPBU, dan sebagainya.

GPS Navigation & Maps by Sygic

gps-navigation-maps-by-sygic

Keunggulan dari aplikasi ini terutama dari pengunaanya secara offline, jadi habis maps di-update secara online, kamu lalu bisa memakainya offline tanpa koneksi internet. Aplikasi ini juga punya fitur yang cukup lengkap dan penunjuk map yang akurat.

Yang lainnya aplikasi ini juga dapat menampilkan display peta secara 3D dengan fitur HUD. Fitur akan mampu menghadirkan kualitas gambar maps yang lebih jelas dan menarik.

Bagi kamu yang sedang dalam perjalanan dan ingin mengukur kecepatan laju kendaraan, adapula fitur notifikasi kecepatan saat sedang berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *