6 Keunggulan Google Duo yang Buatnya Capai Sejuta Pengunduh Dalam 4 Hari

6 Keunggulan Google Duo yang Buatnya Capai Sejuta Pengunduh Dalam 4 Hari

Istilah video call mungkin sudah tidak asing bagi banyak orang. Bahkan fitur ini sudah dikenal luas sebelum kehadiran smartphone. Berjalan pada Patform PC, mungkin kita masih mengingat aplikasi video call seperti skype, yahoo mesenger, MSN, atau Oovooo.

Kini seiring perkembangan jaman dengan aktivitas manusia yang semakin mobile, menuntut kebutuhan video call dihadirkan juga pada smartphone.

Aplikasi video call pun bermunculan, baik yang khusus video call atau yang sekedar pelengkap aplikasi messenger. Namun, diantara semua aplikasi video call pada smartphone, boleh dibilang Google Duo yang paling fenomenal.

Indikasi paling jelas tentu saja dari raihan jumlah pengunduhnya. Dalam 4 hari setelah Google Duo rilis pada pertengahan agustus, jumlah pengunduhnya sudah mencapai lebih dari 1 juta pengunduh.

Bahkan Duo juga sempat menjadi top free apps pada playstore Android mengalahkan aplikasi populer Facebook dan Game ngetop Pokemon GO.

google duo video Call

Dirilis bersamaan dengan aplikasi instant messenger Allo, Google nampaknya serius ingin mengalahkan pemain utama di dunia instant messenger dan video call.

Jika Allo dipersiapkan untuk bersaing dengan aplikasi ngetop seperti BBM, Messenger, dan Whatsapp, maka Google Duo dihadirkan untuk bersaing dengan aplikasi video call yang sudah populer seperti FaceTime dan Skype.

Google duo dibuat untuk platform iOS dan Android sekaligus. FaceTime saat ini masih merajai iOS, sedangkan Skype menjadi pemain utama pada platform Android dengan total 500 juta unduhan.

Namun dengan gebrakan di awal peluncuran, besar kemungkinan Google Duo bisa menggeser dua pesaingnya itu.

Kira-kira apa keunggulan Google Duo yang bisa membuatnya menjadi aplikasi video call terbaik? Berikut 4 keunggulan yang aplikasi Google Duo yang telah kita pelajari dan di klaim oleh pengembang Google.

1. Koneksi Cepat Hindarkan Panggilan Gagal

Walau komunikasi video call lebih sempurna secara audio visual, namun masih tidak banyak digunakan. Apa pasal? Ya, koneksi tak stabil dan panggilan gagal menjadi penyebab video call banyak dikeluhkan.n

Survey Google YouGov pada Juli 2016 melaporkan sebanyak 81% pengguna video call mengeluhkan koneksi internet yang tidak stabil saat melakukan panggilan.

Atas dasar fakta itu Google coba mengatasinya pada aplikasi terbarunya Google Duo. Dengan mengembangkan teknologi web real-time communication (WebRTC) yang bekerja menggunakan jaringan mobile, mampu menyederhanakan panggilan video hingga lebih cepat dan stabil.

Duo diklaim dapat berjalan lancar meski dengan koneksi yang lambat. Namun, kualitas gambar juga akan berkurang menyesuaikan bandwidth yang terbatas. Artinya kita bisa melakukan panggilan video dengan lancar dan terhindar dari putusnya panggilan secara tiba-tiba (panggilan gagal).

Justin Uberty dari Software Engineer Google, telah membuktikan bahwa Duo punya persentase panggilan gagal (dropped calls) yang lebih rendah dibanding aplikasi lain.

Selain itu keunggulan yang lain pada koneksi Google Duo adalah peralihan jaringan tanpa terputus. Semisal kita berhenti saat menggunakan Wi-Fi dan beralih ke jaringan ponsel (dan sebaliknya), panggilan video tetap berjalan tanpa perlu terputus terlebih dahulu.

2. Lebih Simpel dengan Nomor Ponsel

Tidak seperti kebanyakan aplikasi komunikasi yang lain, Google Duo tidak memerlukan akun khusus untuk memanggil dan menerima video call. Kita hanya butuh nomor ponsel saja untuk terdaftar, dan kita langsung bisa melakukan video call kepada nomor yang ada di daftar kontak kita.

3. Fitur Knock Knock

Seringkali panggillan sering dianggap gangguan karena tidak tahu siapa yang memanggil dan seperti apa keadaannya. Maka dari itu, fitur Knock Knock ini hadir dan merubah persepsi gangguan panggilan lebih kepada undangan panggilan.

Knock Knock adalah fitur preview video satu arah yang hanya bisa dilihat oleh penerima panggilan. Penerima panggilan bisa melihat wajah dan keadaan pemanggil (penelepon) saat ada notifikasi panggilan, lalu dia sendiri yang akan memutuskan apakah akan menerima panggilannya atau tidak.

4. Privasi dan Keamanan Panggilan

Kekhawatiran akan privasi dan keamanan saat melakukan panggilan sering dialami banyak orang. Dengan Google Duo, Privasi dan keamanan akan terjamin karena semua panggilan di aplikasi Duo sudah dienkripsi dari awal hingga akhir (end-to-endencrypted).

5. User Interface yang Mudah dan Praktis

Salah satu keunggulan Google Duo adalah kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Tanpa harus terlalu lama dan ribet dengan banyak pilihan menu, Google Duo lebih ringan dibuka, dan langsung tertuju pada tujuan panggilan.

6. Lintas Platform Android dan iOS

Karena hadir pada dua platform paling banyak penggunanya, yakni Android dan iOS, tentu saja Google Duo dapat melakukan panggilan lintas kedua platform tersebut. Bedanya, panggilan lintas platform dari Google Duo diklaim lebih lancar dibanding yang lain.

Berdasarkan survey Google YouGov pada Juli 2016, 25% responden mengaku bahwa video call belum maksimal saat dilakukan dari platform yang berbeda (lintas platform).

Terus belajar menjadi penulis yang menginspirasi dan bermanfaat, karena menulis adalah mengukir prasasti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *