Home Bisnis Cara Melindungi Kartu Kredit Anda dari Pencurian dan Penipuan

Cara Melindungi Kartu Kredit Anda dari Pencurian dan Penipuan

261
0

Di dunia digital ini, Kartu Kredit adalah salah satu hal yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Kartu kredit dapat membuat anda mempunnyai banyak hutang. Namun jika digunakan dengan baik, Kartu kredit dapat mempermudah untuk pembayaran seperti belanja online, tagihan bulanan, dan lain sebagainya.

Namun banyaknya penipuan dan pencurian data kartu kredit, membuat kita sebagai pengguna kartu kredit harus waspada dan menggunakan secara hati-hati agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Fungsi Utama kartu kredit adalah sebagai alat untuk memudahkan Anda melakukan transaksi jual beli. Dengan menggunakan kartu kredita anda akan merasakan kemudahan bertransaksi yang luar biasa. Khususnya buat Anda yang hobi belanja, anda tidak akan lagi merasakan betapa repotnya harus membawa uang tunai dalam jumlah besar. Dibandingkan dengan bertransaksi dengan uang tunai, kartu kredit jelas menawarkan banyak sekali kemudahan.

Lalu bagaimana Anda dapat melindungi kartu kredit Anda terhadap penipuan dan pencurian identitas. Poin-poin yang disampaikan dibwah ini adalah berurutan dari pengamanan dasar hingga tinggkat lanjut yang bisa anda lakukan.

Cara Melindungi Kartu Kredit Anda

Berikut adalah tips untuk melindungai kartu kredit Anda dari kejahatan, pencurian data dan penipuan.

Hanya Gunakan di Situs & Toko yang terjamin dan dikenal.

Jika Anda berbelanja di situs yang belum pernah Anda dengar sebelumnya maka Anda pasti akan lebih baik menggunakan kartu kredit virtual atau menghindarinya sama sekali.

Juga, cari koneksi https aman saat memasukkan detail Anda di gateway pembayaran apa pun. Ini akan memastikan bahwa detail kartu yang anda input saat belanja tidak disadap oleh siapapun.

Jangan Simpan Informasi Kartu Kredit Anda

Jika Anda menyimpan nomor kartu kredit Anda, pin atau kode rahasia dalam teks biasa, foto atau dalam bentuk file yang mudah dilihat orang lain maka sebaiknya segera dihapus.

Namun jika dan susah untuk mengingat dan membutuhkan berkas tertulis Anda bisa simpan data atau foto kartu kredit Anda di dalam situs yang kredibel seperti google drive yang hanya Anda yang dapat membukanya, dengan catatan hanya Anda yang dapat membukan akun google drive.

Jangan sebar foto Kartu kredit di social media

Jika Anda adalah orang yang suka berbagi foto di media sosial sepeti facebook atau twitter, maka Anda harus sedikit lebih berhati-hati. Karena secara tidak sengaja Anda dapat mengungkapkan beberapa informasi tentang kartu kredit Anda di media sosial. Ini bisa lebih buruk lagi jika Anda memposting foto dalam mode publik. Jadi, selalu cek foto Anda sebelum mempostingnya di social media.

Aktifkan Keamanan Extra

Sebagian besar kartu kredit dikeluarkan oleh MasterCard & Visa dan Anda akan memiliki logo mereka di kartu kredit Anda. Jika ya, maka aktifkan MasterCard SecureCode atau kata sandi Verified by Visa untuk transaksi online.

Ini akan memastikan bahwa setiap kali kartu Anda digunakan secara online, kartu itu akan dialihkan ke halaman keamanan masing-masing dan meminta Anda memasukkan kata sandi yang Anda atur pada kartu Anda. Setelah verifikasi berhasil, jumlah itu akan dipotong dari kartu.

Gunakan RFID Blocking Wallet

Jika Anda menggunakan kartu kredit dengan Visa PayWave atau Mastercard PayPass maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan dompet atau kasing yang dapat mencegah pembayaran tidak sah saat berada di dekat kartu.

Misalnya di India, Anda dapat melakukan pembayaran hingga $ 2000 (sekitar $ 30) tanpa memasukkan PIN. Ini memberikan kemudahan kepada pemilik kartu kredit tetapi juga bisa mendatangkan malapetaka. Jadi menggunakan RFID Blocking Wallet untuk menjaga keamanan kartu adalah pilihan yang tepat.

Kartu Terpisah untuk Transaksi Online

Faktor kemudahan mungkin anda akan lebih memilih untuk menyimpan satu kartu saja untuk semua transaksi Anda, Yakinlah Anda lebih baik memiliki dua kartu atau lebih untuk tujuan yang berbeda. Inilah cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Jika Anda memiliki saldo yang cukup di rekening bank Anda, maka Anda dapat menggunakan kombinasi kredit dan kartu debit.

Anda akan menggunakan kartu debit di tempat  di mana kartu kredit tidak wajib digunakan dan lebih memilih kartu kredit hanya di toko-toko atau transaksi online di mana mengharuskan untuk menggunakan kartu kredit.

Menggunakan Kartu Kredit Virtual ( VCC)

Biasanya VCC atau virtual Credit Card diperuntukan untuk Anda yang tidak mempunyai kartu kredit, namun ternyata kartu jenis virtual ataun tanpa kartu ini lebih aman saat digunakan karena Anda tidak menggunakan kartu kredit Asli anda, namu memang agak ribet untuk menggunakannya.

Amankan PIN Kartu Kredit Anda

Saya yakin sebagian besar dari Anda telah menerima Kartu Kredit Anda bersama dengan surat PIN. Dan sebagian besar dari Anda mungkin telah menyimpannya di suatu tempat tanpa mengubah PIN. Ada dua cara untuk mengatasi situasi ini tetapi saya akan merekomendasikan Anda untuk membakar surat yang berisi informasi kartu kredit dan PIN Anda.

Untuk pengamanan tambahan, ubah PIN Anda dan pastikan untuk mengubahnya secara teratur demi keamanan terbaik.

Menggunakan Komputer & Browser Aman

Jangan pernah menginstal software apa pun dari vendor atau sumber yang mencurigakan dan jangan gunakan perangkat lunak dan permainan crack atau bajakan di komputer pribadi Anda yang Anda gunakan untuk melakukan pembayaran online.

Ini karena sebagian besar software crack berisi malware dan keyloggers yang akan melacak aktivitas Anda bersama dengan penekanan tombol dan mengirim laporan secara teratur ke penciptanya. Tapi ini mungkin hanya skenario terburuk jika sampai terjadi.

Juga, gunakan hanya ekstensi yang tersedia di masing-masing toko resmi browser tersebut. Ini karena ekstensi ini dapat melacak aktivitas Anda juga.

Jika Anda masih tidak yakin tentang browser atau komputer Anda, Anda bisa menggunakan keyboard virtual untuk mengetik informasi sensitif, namun hanya sebagian kecil gateway payment yang menyediakan fitur ini.

Batalkan Kartu Tidak Diperlukan

Apakah Anda memiliki banyak kartu kredit? Jika ya, maka sebaiknya dibatalkan sesegera mungkin. Ini akan membebaskan Anda dari stres untuk menjaga mereka dalam memeriksa dan mempertahankannya. Mudah bukan.

Laporkan Segera Kartu yang Dicuri

Jika Anda merasa bahwa Anda telah kehilangan kartu kredit Anda atau mencurigai bahwa kartu itu dicuri, maka Anda sebaiknya segera melaporkannya kepada pihak berwenang , dan bank yang mengeluarkan kartu tersebut anda dapat memblokir kartu tersebut dan menghapus tanggung jawab dari penggunaan kartu yang tidak sah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here