Home Tips & Trik Cara Mudah Memperbaiki Kartu SD / SD card Rusak tidak terbaca.

Cara Mudah Memperbaiki Kartu SD / SD card Rusak tidak terbaca.

168
0

Kartu SD yang beredar di pasaran saat ini hadir dengan berbagai macam jenis, kecepatan hingga kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari 4GB hingga 512GB yang sudah tergolong besar untuk sebuah SD card.

Sd Card Biasanya digunakan jika memeri telepon dirasa kurang, sehingga diperlukan memori card untuk tambahan.

Namun memori tambahan ini biasanya ada beberapa masalah yang di alami saat menggunakan sd Card, mulai dari kartu tidak terbaca, corrupt, parahnya memory card yang tidak terbaca karena rusak tentu bakal merusak kerja kamu, apalagi jika semua data, foto maupun video tersimpan di dalamnya.

untuk mangatasi kartu Sd Card yang rusak, kali ini saya akan sharing 5 cara ampun untuk memperbaiki sd Card yang rusak.

1. Membersihkan kartu memori card

Jika SD Card tidak terbaca pada saat di masukkan ke smartphone maka langkah awal yang paling mudah adalah membersihkannya terlebih dahulu sebelum melakukan format kartu SD.

ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan SD Card

  1. Keluarkan kartu SD dari perangkat gadget yang kamu miliki, seperti smartphone, kamera maupun actioncam.
  2. Lalu bersihkan lempengan tembaga (warna kekuningan) yang berfungsi sebagai konektor dengan penghapus. Gosok perlahan hingga dirasa bersih.
  3. Jika sudah, masukkan kembali ke dalam Smarpohone dan pastikan SD card yang bermasalah sudah terbaca atau belum.

2. Coba Kartu SD di Smartphone Lain.

Jika langkah pertama denga membersihkan kartu tidak berhasil juga, kamu bisa melakukan cara yang kedua yaitu memindahkan memory card ke smartphone lain.

Hal akan mendeteksi, apakah kerusakan memang terjadi pada memory card kamu atau pada konektor pada smartphone sendiri.

Caranya kamu tinggal masukkan kartu SD yang sudah kamu cabut dan masukkan ke smartphone lainnya. Cek apakah kartu SD dapat terdeteksi dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Cek Error Melalui PC/Laptop

Kamu bisa memcoba menghubungkan memori card dengan komputer melaui Cardreader yaitu sebuah alat bantu untuk menghubungkan memoricard dengan pc,

Kamu bisa melaukan format dan hapus data dari pc saat sudah terhubung,

kamu bisa saja menghubungkan langsung smartphonemu melalui kabel data, namun cara ini kurang efektif jika untuk memperbaiki eror pada memori card, lebih baik di lepas dari smartphone lalu dihubungkan ke komputer dengan bantuan card reader

jika sudah terbaca dengan benar di PC Lalu kamu tinggal membuka Explorer (Windows + E) lalu klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu hingga proses selesai.
Lakukan Eject setelah proses selesai dan cek apakah kartu SD sudah kembali normal atau belum.

4. Format Melalui HP Android
Jika dirasa sudah tidak bisa diperbaiki melaui cara 1 sd 3, maka pilihan selanjutnya adalah melakukan format ulang kartu memori namun cara ini tentu akan menghilangkan semua data secara permanen.

melakukan format menggunakan Hp android adalah car mudah saat kamu tidak sempat buka komputer atau malas bongkar pasang memoricard.

Berikut adalah carany

Pastikan kartu SD sudah terhubung dengan smartphone Android yang kamu gunakan. Lalu pergi ke menu Settings > Storage > Portable storage dan pilih drive kartu SD kamu.
Pilih menu Storage settings > Format > Erase & format. Tunggu proses hingga selesai dan pilih Done.
Terakhir, kamu tinggal cek kartu SD apakah sudah terformat dan kembali normal.

5. Format Melalui PC/Laptop
Jika masih mengalami eror saat sudah di format melalui Android, jangan khawatir masih bisa cara lain yaitu dengan format menggunakan komputer.

format melalui komputer tentu lebih baik lebih sempurna, Begini caranya:

Hubungkan kartu SD menggunakan card reader dan tunggu hingga terhubung. Jika masih ada data yang tersisa, kamu bisa backup dulu ke PC/laptop.
Lalu buka Explorer (Windows + E) lalu pilih pada drive kartu SD. Klik kanan lalu pilih menu Format…
Lakukan langkah format kartu SD dan tunggu hingga proses selesai. Jika sudah kembalikan data ke dalam kartu SD dan pastikan apakah sudah bisa dipakai atau belum.

Jika semua sudah dilakukan dan memor card masih saja eror maka kemungkinan besar memang sudah waktunya diganti.  kamu bisa membeli memoricard yang baru dengan kualitas yang bagus,

untuk panduan cara membeli memori card yang bagus segera menyusul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here