Cara Paling Efektif Promosi Channel Youtube Secara Gratis (2018)

Cara Paling Efektif Promosi Channel Youtube Secara Gratis (2018)

Anda mungkin sudah memiliki video yang bagus dan Anda sudah mempunyai chanel youtube yang menarik, tetapi jika Anda tidak berusaha keras untuk mempromosikannya, mendapatkan subcriber baru akan menjadi tantangan .

Untuk menjadi subcriber pelanggan Anda, seseorang harus menemukan video Anda melalui pencarian YouTube atau melalui daftar rekomendasi, mereka akan menontonnya, dan kemudian jika terasa cukup menarik, mereka akan subcribe channel anda..

Namun, tidak semua yang menontong video anda menjadi subcriber anda. Katakanlah, dari 10 orang yang telah menemukan video Anda, hanya 8 yang akan memilih untuk menontonnya, 6 akan menontonnya sampai akhir, dan 3 dari mereka akan menjadi subcriber anda.

Dalam artikel ini saya akan coba mengulas Cara Paling Efektif Promosi Channel Youtube Secara Gratis agar chanel anda semakin populer.

Tulis judul dan deskripsi yang relevan

Memahami apa yang mereka inginkan sangatlah penting, dan anda bisa berkreasi dengan judul, Anda harus menggunakan istilah yang tepat untuk menampilkan video Anda . Mesin pencari YouTube bekerja sama dengan Google, jadi spesifik dan gunakan kata kunci yang akan digunakan oleh calon pelanggan Anda .

Jika tidak yakin dengan kata yang anda pilih silakan buka Google Trends dan ketik ide Anda untuk membandingkan seberapa besar minat yang sesuai dengan judul vidio yang akan anda buat.

 

Demikian pula deskripsi vidio, deskripsi diyakini tidak terlalu berdampak pada hasil pencarian, namun, itu tidak berarti anda mengabaikan deskripsi video, anda bisa menggunakan deskripsi untuk menulis kata kunci utama yang relevan dan buat kalimant pertama deskripsi semenarik mungkin yang mampu menjelaskan secara singkat tentang video anda.

 

Buat thumbnail video yang menarik

Banyak YouTubers pemula percaya bahwa gambar mini tidak penting karena tidak memiliki pengaruh pada mesin telusur dan tidak akan membantu video muncul di halaman pertama YouTube.

Namun, thumbnail video memiliki dampak yang luar biasa pada rasio klik-tayang video Anda . banyak orang mau melihat vidio karena melihat tumbail yang unik dan memancing sehingga penonton penasaran dan akhirnya melihat video anda.

Atur video ke dalam daftar putar (playlist)

Ada dua manfaat yang tidak diketahui dalam membuat daftar putar / playlist. Pertama, bersama dengan thumnail, daftar putar membuat channel Anda terorganisir dan lebih mudah dinavigasi sesuai topik dan thema .ini akan membuat pemirsa cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjelajahi topik yang mereka minati. Kedua, membuat playlist ini juga dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization)video yang Anda punya di mesin pencari, membantu Anda muncul di hasil penelusuran .

Pengantar Vidio yang menarik

Pernahkah Anda mengecek DURASI TONTON RATA-RATA  hari ini?  Untuk industri video blogging rata-rata antara 8 dan 12 detik pertama yang berarti jika Anda tidak menangkap perhatian pemirsa di detik-detik pertama itu, maka anda akan kehilangan pelanggan anda.

Untuk melihat seberapa menarik video Anda, buka Creator Studio – Analytics – Retensi pemirsa. Grafik menunjukkan persentase pemirsa menutup vidio anda. Dalam grafik di bawah ini, 40% pemirsa kehilangan minat setelah satu menit, dan hanya 20% menonton video hingga akhir video.

Tolak ukur yang bagus adalah 50% , yang berarti mayoritas video hanya ditonton setengah jalan. Namun, jika Anda melihat banyak pemirsa berhenti menonton dalam 10 detik pertama atau lebih, itu berarti pengantar Anda perlu ditingkatkan.

To The Point

Jangan buang waktu pada intro panjang atau pembicaraan yang tidak jelas. Brian Dean , pakar pemasaran SEO dan konten, Menurut Brian, setelah Anda mendapatkan seseorang menonton 15 detik pertama dari video Anda, kemungkinan mereka akan menontonnya sampai akhir . Untuk melakukan itu, gunakan detik-detik berharga tersebut untuk memberi tahu pemirsa tentang apa video Anda, jelaskan mengapa mereka harus memercayai Anda, dan tambahkan gambaran pendek atau intipan untuk memicu minat dan memotivasi pemirsa untuk tetap bertahan sampai akhir.

Jangan menggunakan efek khusus – efek khusus sering mengalihkan perhatian. Bermain dengan teks berkontur yang minimalis dan transisi yang mulus . Untuk tetap pada rencana anggaran gratis, cari software gratis yang mampu mengedit video

Akhiri dengan Ajakan-Bertindak

Jika seseorang menikmati video Anda, ada kemungkinan mereka lupa untuk memberikan jempol atau berlangganan saluran Anda . Jadi, anda bisa mengingatkan untuk subcribe atau like dan share video. Anda telah bekerja keras untuk membuat video ini dan memberikan nilai bagi pemirsa, jadi tidak ada alasan untuk malu meminta sedikit sebagai imbalannya .

Anotasi youtube digunakan sebagai alat tambahan yang bagus untuk mendapatkan subcriber, tetapi permintaan pribadi selalu lebih efisien. Motivasi pemirsa untuk menjadi bagian dari audiens Anda dengan mengatakan apa yang harus mereka harapkan dari video Anda berikutnya dan saran yang baik untuk video selanjutnya.

Memanfaatkan layar akhir dan kartu

Anotasi dihentikan pada bulan Mei namun, Anda sudah mendengar tentang layar akhir dan kartu. Jika Anda belum menggunakannya untuk channel Anda, sudah waktunya menggunakan fitur ini, karena kombinasi kartu dan layar akhir lima kali lebih baik dan otentik agar pemirsa terus menonton konten Anda. dan,fitur ini mobile-friendly dan berfungsi di aplikasi YouTube.

Jangan sampai firu ini menutupi video dan membuat layar berantakan. Tetaplah minimalis dan jangan tautkan ke lebih dari dua video di layar akhir.

Untuk memastikan strategi layar akhir Anda efisien, buka Creator Studio> Analytics> Laporan interaksi> Layar akhir . Anda akan dapat melihat berapa banyak klik yang dihasilkan oleh setiap elemen layar akhir dibandingkan berapa kali klik itu ditampilkan.

Dengan serius membalas setiap komentar

Meninggalkan komentar sebenarnya membutuhkan waktu dan dedikasi – baik itu YouTube atau jejaring sosial lainnya. Respons Anda berarti Anda menghargai usaha dan Anda peduli. Dorong diskusi dalam video Anda, ajukan pertanyaan, buat jajak pendapat (Anda dapat menggunakan Kartu untuk itu), dan berinteraksi dengan setiap komentar yang Anda terima.

Selain itu, ada bonus bagus di sini: komentar, dan jumlah like serta subcriber adalah sinyal ke mesin pencari YouTube bahwa video Anda layak mendapat perhatian . Namun, jangan sampai membuat komentar spam hanya untuk agar terlihat banyak komentar. Tindakan ini malah cenderung membuat komentator prospek anda pergi..

Mempromosikan video Anda melalui media sosial

Mempromosikan konten Anda di berbagai platform adalah cara luar biasa untuk ditemukan oleh pemirsa baru. Sebenarnya, Anda tidak pernah tahu bagaimana pelanggan berikutnya akan menemukan channel youtube Anda: mengklik tautan rujukan, menjelajahi tagar Twitter, atau menggulirkan umpan berita Facebook . Oleh karena itu, Promosi di berbagai platform bermanfaat agar semakin banyak yang mengetahui channel Anda..

Alur kerja promosi Anda mungkin termasuk menyematkan video ke dalam pos blog, membagikannya melalui Twitter, memublikasikan di Facebook dan Pinterest . Ini semua tentang repurposing. Jika Anda ingin terdengar otentik – buat pesan Anda secara berbeda untuk setiap platform. Ini mungkin hanya membutuhkan waktu tambahan 10 menit, namun, terbayar dalam jangka panjang.

Untuk menganalisis seberapa baik kinerja strategi promosi  Anda, buka Creator Studio> Analytics> Sumber lalu lintas> Eksternal . Anda akan melihat volume persis lalu lintas yang berasal dari situs web yang menautkan ke video Anda, atau menyematkannya.

Promosi berbayar: Jika Anda memiliki laman Facebook untuk channel Anda, Anda dapat bereksperimen dengan mempromosikan halaman anda sebersar $ 5 untuk melihat apakah berfungsi untuk Anda.

Menjadi anggota aktif komunitas niche

Apakah Anda seorang travel vlogger, gamer, atau reviewer- ada forum dan komunitas untuk setiap bidang . Mulai berpartisipasi dalam komunitas niche / minat Anda.

Tujuan Anda adalah memastikan orang tahu apa yang sedang Anda kerjakan, tapi tanpa menjadi spammer. Jangan hanya membagikan tautan ke video Anda, tetapi berikan pendapat dan saran Anda, sambil memiliki tautan ke saluran Anda di bio atau tanda tangan Anda .

Berkolaborasi dengan YouTuber lain

Penting bagi YouTuber untuk berkolaborasi karena ini adalah cara untuk mendapatkan pemirsa baru, dan pengalaman yang menyenangkan.

Jangkau para YouTuber yang dapat memberikan nilai tambahan bagi audiens Anda. Jika Anda mereview smartphone, cari mereka yang mengulas aplikasi atau aksesori ponsel; jika Anda membuat vidio tentang video editing, Anda mungkin ingin berkolaborasi dengan youtuber yang membahas film.

Anda bahkan dapat menanyakan kepada subcriber Anda channel youtube lain apa yang mereka tonton untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang mereka minati.

Kesimpulan

Mempromosikanchannel YouTube bukan pekerjaan mudah, tidak peduli bagaimana Anda melakukannya. Selain itu, Anda harus menemukan kombinasi cara yang dirasa lebih baik untuk Anda – dan itu pasti mengalami trial and error. Terus kreatif dan tekad yang kuat pasti akan membawa anda ke keberhasilan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *