Home Android HP lemot? Ini dia Cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan...

HP lemot? Ini dia Cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat

68
0

Jadi Anda membeli telepon baru dan masih cepat, dan beberapa bulan kemudian Anda menyadari itu tidak secepat dulu. Kita semua pernah mengalaminya, masalah hp lemot itu tidak hanya dialami pada perangkat yang kelas bawah – perangkat kelas atas seperti Galaxy Note 8 juga rentan terhadap kelemotan setelah pemakaina beberapa bulan.

Untungnya, Anda dapat mencoba beberapa hal agar kinerja android agar lebih ringan dan cepat. Saya juga telah mencantumkan beberapa cara pengoptimalan baterai yang akan membantu Anda untuk memaksimal baterai ponsel Anda.

Gunakan Aplikasi file Go untuk membersihkan file penyimpanan Anda

 

Aplikasi manajemen file dari Google ini sangatlah bagus. File Go tidak hanya menganalisis ponsel Anda untuk file dan aplikasi yang tidak digunakan, tetapi juga memungkinkan untuk  mentransfer file secara mudah.

Aplikasi ini memiliki desain minimalis dengan dua tab:  Storage dan File. Dari tab Storage, Anda akan mengetahui jumlah penyimpanan yang tersisa di ponsel Anda, serta tips cara mengosongkan penyimpanan. Anda juga dapat dengan mudah menghapus data cache aplikasi dari dalam File Go.

Ini adalah cara yang efektif untuk mencari dan menghapus file yang tidak perlu di ponsel Anda, Sangat bagus jika memori hp anda hanya16GB atau bahkan penyimpanan internal 8GB.

Nonaktifkan (atau uninstall) bloatware dan aplikasi yang tidak digunakan

 

Sebagian besar ponsel selain perangkat Pixel dan Android One setelah membeli pasti ada aplikasi bawaan pabrik (Bloatware) Aplikasi tersebut ada yang berguna, tapi banyak juga yang tidak berguna, untuk aplikasi yang tidak berguna lebih baik dibuang saja.

Cukup buka Pengaturan> Aplikasi untuk melihat semua aplikasi yang diinstal di ponsel Anda. Saat Anda menemukan aplikasi yang tidak dikenal, copot atau nonaktifkan. Anda juga dapat menggunakan File Go untuk mengidentifikasi aplikasi yang tidak digunakan di ponsel Anda, dan menghapusnya sesuai kebutuhan.

Instal aplikasi versi ringan

Jika Anda menggunakan ponsel dengan memori dan penyimpanan terbatas, menggunakan aplikasi yang kurang dioptimalkan dapat menyebabkan banyak frustrasi.Facebook adalah contoh sempurna, karena aplikasi cenderung terasa lamban bahkan pada Pixel 2 XL baru . Pada ponsel anggaran seperti Moto G5 Plus , pengalaman keseluruhan cenderung menjadi menjengkelkan.

Untungnya, Facebook memiliki versi ringan dari aplikasinya yang berfungsi dengan baik sembari memanfaatkan sebagian kecil sumber daya dari aplikasi yang lengkap. Facebook Lite awalnya dirancang untuk berjalan pada perangkat entry-level di pasar negara berkembang, tetapi aplikasi segera tersedia secara global.

Facebook Lite dioptimalkan untuk bekerja pada koneksi 2G, dan pada perangkat dengan RAM serendah 1GB. Ini memiliki footprint kecil – masuk di bawah 5MB – dan menawarkan seperangkat fitur yang serupa dengan aplikasi reguler. Anda masih dapat sroll untuk melihat feed terbaru, membuat status, mengomentari kiriman teman, menemukan acara lokal, dan lainnya.

Jika Anda pengguna Facebook reguler dan bosan dengan aplikasi lengkap yang membawa ponsel Anda ke penjelajahan, Anda pasti harus memberikan Facebook Lite . Facebook juga memiliki versi ringan Messenger yang disebut Messenger Lite .

Twitter juga memiliki klien yang ringan, dan meskipun bukan aplikasi, Anda dapat mengakses linimasa, mengirim tweet, dan lainnya dengan berkunjung ke situs Twitter seluler . Jika Anda menggunakan Skype untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga Anda, maka ada Skype Lite . Aplikasi khusus ini dirancang untuk India, dan mungkin tidak tersedia di semua negara.

Google juga memiliki versi ringan dari YouTube dan Pencarian yang tersedia.

Menginstal pembaruan

Ini adalah cara yang baik untuk memastikan ponsel Anda up to date, karena produsen cenderung meluncurkan update rutin yang berisi perbaikan bug dan peningkatan stabilitas. Google juga menerbitkan pembaruan keamanan bulanan, yang sangat penting karena mereka menawarkan perbaikan untuk kerentanan keamanan. Meskipun mungkin Anda tidak melihat perbedaan besar setelah menginstal patch keamanan, pembaruan platform utama dan rilis pemeliharaan cenderung menampilkan daftar perbaikan yang secara signifikan meningkatkan kinerja ponsel Anda.

Namun, terlalu sedikit perusahaan yang memberikan update bulanan secara konsisten, dan lebih sering Anda mendapatkan satu patch keamanan setiap tiga bulan sekali. Misalnya, jika ponsel Anda masih di Nougat , ada kemungkinan pembaruan Oreo tersedia untuk perangkat Anda. Cukup masuk ke Pengaturan -> Tentang ponsel -> Pembaruan sistem untuk memeriksa. Jika ada pembaruan yang menunggu, segera instal.

Bersihkan Home Screen layar utama Anda

Menggunakan wallpaper berjalan cenderung memperlambat ponsel Anda, terutama jika Anda menggunakan wallpaper yang berat. Jika Anda merasa banyak lag saat beralih di antara aplikasi atau ketika keluar dari aplikasi untuk kembali ke layar utama, cobalah untuk mengganti ke latar belakang statis dan lihat perbedaannya..

Jika Anda mencari wallpaper hidup ringan yang tidak menghabiskan banyak memori, Anda dapat mencoba aplikasi Google Wallpaper , serta Minima .

Coba launcher lain

OnePlus dan Motorola memberikan user interface yang pure Android.. Samsung juga memilih antarmuka yang bersih dan modern dengan versi Samsung Experience terbaru, tetapi rekan senegaranya Korea Selatan LG memiliki jalan panjang untuk masuk ke area ini. Hal yang sama berlaku untuk Huawei, Xiaomi, OPPO, dan Vivo, dan hanya desain case dan bodi saja sebagai pembeda.

Aplikasi seperti Nova Launcher dan Action Launcher memungkinkan Anda menyesuaikan setiap aspek user interface, Anda bisa membuat personaliti ponsel dengan mudah.

Jika antarmuka default ponsel Anda terasa lambat, Anda harus mempertimbangkan launcher pihak ketiga.

 Optimalkan baterai ponsel Anda

.Jika Anda melihat baterai ponsel Anda lebih cepat habis daripada biasanya, biasanya ada aplikasi yang membuat CPU full cepat panas. Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga cenderung menggunakan baterai, jadi anda bisa menghapus aplikasi yang bekerja di latar belakang, atau hentikan aplikasi saat tidak digunakan lagi, ini akan sangat membantu untuk mengoptimalkan baterai ponsel anda.

Buka Pengaturan> Baterai untuk melacak aplikasi yang tidak wajar, dan tekan Force stop untuk menghapusnya agar tidak berjalan di latar belakang.

Jika telepon Anda sudah sangat boros, maka alternatif terbaik adalah menggunakan power bank . Anda dapat menggunakan power bank 10000mAh dengan harga sekitar 350 ribu, yang seharusnya lebih dari cukup untuk merawat perangkat Anda beberapa kali.

 

Disable ambient screen

Layar selalu aktif berguna jika Anda ingin melihat sekilas pemberitahuan yang masuk tanpa harus membuka kunci ponsel Anda, tetapi fitur ini memerlukan daya baterai extra. Mematikan mode ambient screen adalah salah satu cara untuk menghemat baterai dan membuat baterai tahan lama.

Matikan Bluetooth saat tidak diperlukan

Mematikan bluetooth yang tidak digunakan akan memungkinkan memperpanjang masa pakai baterai ponsel Anda. Perbedaannya mungkin hanya sedikit, tapi dapat membantu, matikan fitur yang tidak digunakan, dan  nyalakan saat diperlukan saja, seperti Bluetooth ini..

Tidak disarankan untuk mematikan layanan lokasi, karena sebagian besar aplikasi memerlukan informasi lokasi untuk dijalankan.

Jangan menginstal Aplikasi pengoptimal baterai

Ini mungkin terlihat kontra, tetapi sebagian besar aplikasi “penghemat baterai” adalah sampah murni. “Utilitas” ini tidak lebih dari menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membersihkan cache ponsel Anda, tetapi Anda sering harus berurusan dengan iklan yang mengganggu dan bahkan malware.

Jika Anda melihat pelambatan terus-menerus dan aplikasi membutuhkan waktu lama untuk dimuat, sebaiknya hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan menekan tombol ikhtisar dan menghapusnya satu per satu. Dan untuk membersihkan cache, Anda selalu dapat mengandalkan Google’s File Go.  .

Itulah sedikit tips tentang Cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat, semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here