Usaha laundry kiloan
image by www.rd.com

Anda ingin Memulai usaha laundry dari nol? Anda sudah bekunjung ke website yang tepat, pada artikel kali ini akan dipaparkan analisa bisnis laundry dari nol hingga keuntungan yang akan didapat dari laundry kiloan.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan padatnya aktivitas masyarakat perkotaan,  membuat mereka malas untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Mereka ingin menghemat waktu, tenaga serta tidak mau repot. Namun dibalik itu mereka ingin menggunakan pakaian bersih dan wangi.

Bisnis laundry tergolong bisnis yang mudah dijalanlah dan tidak butuh modal yang besar untuk memulai usaha ini, usaha ini sebenarnya lebih cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang pada dasarnya seorang ibu lebih trampil dan rapi dalam mengurus dan melipat pakaian.

Kenapa harus bisnis Laundry?

Selain karena mudah dan tidak memerlukan modal yang besar, bisnis laundry ini mempunyai prospek yang bagus untuk kedepannya, karena kebanyakan orang sekarang suka yang praktis dan cepat tentunya tidak ribet.

Alasan kesibukan menjadi alasan utama orang lebih menyukai menggunakan jasa laundry daripada repot-repot mencuci. Belum lagi kegiatan menyetrika baju. Kesibukan dan kepadatan aktivitas masyarakat perkotaan menuntut segala sesuatunya untuk segera dilakukan, praktis, dan efisien. Bisnis laundry mencakup semua hal itu.

Alasan kepraktisan menjadi alasan utama mereka yang sibuk. Bagi mereka yang mungkin merasa pekerjaan mencuci dan setrika sebagai pekerjaan rumah tangga yang berat tentu sangat terbantu dengan adanya jasa laundry. Ada juga alasan khusus yang membuat banyak orang suka ngelaundry, yaitu adanya layanan cuci khusus,seperti cuci selimut, cuci tas, cuci helm dan cuci boneka. Karean dari benda ini kadang ada yang membutuhkan keahlian dan alat khusus untuk mencucinya.

Bahkan alasan kenapa harus buka lanundry adalah keuntungan bisnis yang didapatkan. Jika dihitung secara kasar, keuntungan bisnis jasa sangatlah besar. Bisnis ini hanya menjual jasa dengan biaya produksi dan ongkos modal yang murah. Modal utama seperti sabun dan pewangi mudah didapatkan dan harganya juga sangat terjangkau.

Untuk mulai usaha dari nol, bisnis jasa adalah bisnis yang cocok karena bisnis ini tak pernah mati, bisnis jasa sepeti laundry memberikan keuntungan yang besar, ibarat kata Anda hanya menjual Jasa, atau keahlian dan tanpa modal yang besar.

Resiko dari bisnis Laundry sangatlah kecil, bahkan mungkin tidak ada resiko sama sekali jika anda membuka usaha laundry dirumah sendiri. Jika bisnis tidak maju atau mandegpun mesin dan perlatan masih bisa dipake untuk kebutuhan sendiri, atau bisa dijual kepada orang lain.

Target Usaha laundry

Jika membuak usaha laundry tentutan target marketnya siapa, dengan itu anda bisa mengira-ngira tentang bagaimana promosi, dan pelayanan kedepannya.Taget yang cocok untuk bisnis laundry biasanya adalah orang-orang perkantoran, Karyawan swasta, mahasiswa, atau dikawasan padat penduduk.

Pelayanan dan promosi tergantung dari target marketnya, jika Anda membuka usaha laundry disekitar wilayan perkantoran, biasanya pelanggan-pelanggan Anda merupakan pegawai kantoran yang sering menggunakan jasa Anda untuk mencuci pakaian kerja mereka. Biasanya layanan yang diminati di daerah seperti ini adalah layanan yang bersih rapi dan ketepatan waktu. Biasanya harga bukan menjadi masalah bagi kalangan ini. Selain itu juga layanan antar jemput laundry dan layanan laundry kilat juga sangat diminati.

Analisa Keuntungan bisnis Laundry

Estimasi modal awal.

ini adalah estimasi modal untuk usaha laundry dari nol,

  1. Mesin Cuci  yang minimal harga 5 juta, anda juga bisa mencari mesin laundry bekas untuk harga jauh lebih murah, mesin dibawah 5 juta biasanya belm ada fitur pengering otomastis
  2. Setrika uap harga 500.000
  3. Timbangan maximal 30 kg 300.000
  4. Deterjen, sabun dll, 500.000
  5. Peralatan lain seperti ember, gantungan, sikat, plastis, dll,  1.000.000
  6. Spanduk 300.000

Total perkiraan modal 7.600.000,

Estimasi keutungan

Saat ini ongkos jasa untuk laundry kiloan berkisar sekitar 6000 hingga 8000 rupiah perkilonya untuk pakaian biasa. Tarif akan berbeda untuk jasa mencuci barang lain seperti sprei, bed cover, karpet, gorden dan lainnya yang biasanya di hitung 10.000 – 15.000/potongnya ( tergantung ukuran ).

Untuk memudahkan memperkirakan keuntungan yang bisa di dapat, jika dalam satu hari kita mampu menerima order 30kg pakaian, maka anda akan mendapatkan keutungan 30 x 8000 = 240.000 dan dalam satu bulan dengan hari kerja efektif 25 hari, maka dalam sebulan akan mendapatkan 240.000 x 25 =.6.000.000 keutungan tersebut belum dipotong biaya operasional, seperti listrik dan lainnnya.

ini jia ada hanya mempunyai 1 mesin cuci saja, semakin meningkatkan jumlah pelanggan, maka anda bisa mengganti atau menambah mesin cuci dengan kualitas dan kapasitas yang lebih bagus.

Tips Bisnis laundry:

Berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka bisnis laundry kiloan.

  1. Anda harus tahu cara mencuci pakaian dengan baik. Dengan memperlajari berbagai jenis kain, serta bagaimana cara mencuci dan mengeringkan dengan baik.
  2. Kenali jenis noda yang menempel pada pakaian Anda, dengan anda mengetahui jenis noda Anda bisa menggunakan cara yang tepat untuk membersihkan tanpa merusak warna baju.
  3. Gunakan peralatan yang sesuai dengan besar usaha yang Anda jalankan. Jika Anda baru saja memulai bisnis laundry, sebaiknya gunakan peralatan seadanya yang terpenting pakaian yang di laundry bisa bersih dan juga rapi.
  4. Siapkan biaya untuk operasional untuk tiga bulan kedepan. Biaya operasional seperti bayar listrik, sewa tempat usaha, biaya untuk membeli deterjen dan air harus diperhitungkan dengan baik.

Untuk Rintangan bisnis laundry

Beberapa rintangan dan hambatan dalam bisnis laundry adalah

  • Persaingan yang ketat antara sesama usaha laundry. Untuk mengatasinya berikanlah pelayanan yang baik untuk pelanggan anda.
  • Pelanggan biasanya meminta waktu pengerjaan yang cepat. Untuk mengatasinya Anda bisa mengatur mana yang diprioritaskan untuk dikerjaan terlebih dahulu. Jika rame berilah pengertian kepada pelanggan dengan cara yang sopan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here