Home Bisnis Karena bisnis Sengon, Pria ini dapat duit 16 kontainer tiap hari.

Karena bisnis Sengon, Pria ini dapat duit 16 kontainer tiap hari.

397
0

Dilansir dari detik – Seorang pria asal Banyuwangi, Wahyu Widodo, menggegerkan dunia maya karena mengaku mendapat kiriman uang setiap hari sebanyak 16 kontainer. Kekayaan Wahyu tersebut berhasil didapat dari bisnis sengon yang dijalaninya hingga mendapat julukan sebagai Raja Sengon.

Raja sengon Wahyu Widodo juga sempat berkoar-koar di social media perihal kekayaannya dan bisnisnya yang sempat viral, namun ternyata ia mengatakan hanya lelulon atau guyon dan dia mengetahui saat sudah viral.

Sebenarnya apa sih sengon itu? dan bagaimana prospek bisnis sengon ini?

Purwadi Soeprihanto Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) menjelaskan bahwa bisnis kayu sengon atau pohon sengon memang sedang naik daun. Kayu sengon sendiri biasa dimanfaatkan untuk bahan furniture serta bahan bangunan non konstruksi.

Bisnis ini dinilai mudah untuk dijalani dengan prospek yang menguntungkan. Sebab, kata dia, pohon sengon telah masuk menjadi primadona di industri kayu olahan.

Purwadi menjelaskan bahwa pohon sengon atau Albizia Chinensis atau disebut juga pohon albasia banyak tumbuh liar di hutan. Pohon ini kemudian kerap digunakan sebagai pengganti utama kayu-kayu alam seperti jati untuk diolah menjadi sebuah produk.

“Pasokan kemampuan kayu alam semakin menurun, sehingga subtitusi kayu alam banyak ke arah hutan tanaman. Kalau kayu alam kan banyak di luar Jawa ya, sekarang kayu sengon ini banyak jadi subtitusi kayu alam,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, saat ini industri kayu lapis banyak berada di daerah Jawa karena pasokan kayu alam yang menurun. Dari situ, industri-industri pengolahan kayu banyak memanfaatkan sengon sebagai bahan utama.

“Ini permintaan pasokan industri kayu lapis di Jawa ini luar biasa sekali. Dulu sengon itu hampir nggak ada harganya, orang pada malas tanam. Tapi sekarang begitu industri-industri pada pindah ke Jawa, ini booming harganya luar biasa sekali,” tuturnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here