Kehadiran Google PhotoScan Akan Selamatkan Foto-Foto Lama Moment Terpenting Kita

Kehadiran Google PhotoScan Akan Selamatkan Foto-Foto Lama Moment Terpenting Kita

Setiap orang pasti punya moment spesial dalam hidupnya, dan idealnya bisa terdokumentasi agar menjadi kenangan di masa depan. Kira-kira seperti itu yang dipikirkan Nicéphore Niépce saat menciptakan kamera pertama kali.

Jadi kebanyakan foto-foto orang terdahulu merupakan tangkapan moment berkesan yang ingin diabadikan dalam bentuk gambar. Berbeda dengan orang sekarang yang gemar berfoto dimana pun dan kapan pun, sehingga foto tak lagi punya sisi memorable.

Masih ingatkan saat kita harus membeli roll film dengan jumlah isi tertentu, sehingga nggak boleh boros asal “jepret” sembarangan. Setelah itu masih harus ke tempat mencuci dan cetak film, agar bisa dimuat ke album foto atau dipigura.

 

Hasil gambar untuk google photoscan

 

Setiap kali melihat foto yang dicetak pasti akan terkenang moment spesial yang terjadi saat itu, masa kecil kita, keluarga kita, atau orang tersayang lainnya. Sayangnya benda fisik memang ada batasnya, semakin lama foto-foto itu akan semakin rusak dimakan usia.

Hadirnya teknologi photo digital sekarang ini bertujuan agar kita lebih mudah dalam mengambil gambar dan menyimpannya dalam format file digital. File bukan barang fisik yang terbatas waktu. Bahkan file foto kini tak hanya bisa disimpan dalam storage (hardisk dan sd card) saja, ada cloud sebagai alternatif jikalau storage rusak.

Persoalannya, foto-foto yang paling berkesan dan penuh kenangan justru lebih banyak tidak dalam format digital. Foto-foto cetakan itu bisa rusak dan hilang kapan saja.

Google PhotoScan, Aplikasi Kamera Sebagus Scanner Asli

Hasil gambar untuk google photoscan

Mungkin ada yang coba untuk mengambil gambar secara manual foto-foto lama, tapi hasilnya tak maksimal. Sedangkan alat scan tak selalu tersedia atau terlalu mahal. Hadirnya aplikasi mobile Google PhotoScan tampaknya jadi jawaban atas kebutuhan tersebut.

Pada dasarnya aplikasi ini sama seperti kamu mengambil foto lama secara manual dengan foto digital, bedanya inovasi teknologi dari google ini lebih memperjelas gambar, seakan-akan hasilnya seperti foto aslinya.

Saat kamu mengambil gambar manual biasanya terkendala pantulan cahaya atau bayangan tubuh kita sendiri, sehingga hasilnya kurang bagus. Nah, Google PhotoScan ini bisa otomatis mendeteksi tepi, meluruskan gambar, menghilangkan silau dari cahaya, dan memutar ke arah yang diinginkan.

Hasilnya seperti gambar dibawah ini, tidak jauh berbeda antara foto asli dengan foto hasil scan Google PhotoScan.

Hasil gambar untuk google photoscan

Kamu tinggal buka aplikasi Google PhotoScan tanpa perlu registrasi karena langsung menggunakan akun google milikmu. Cara kerjanya tinggal mengarahkan kamera ke foto untuk scan pertama, kemudian akan muncul empat titik pada layar.

Lalu kita tinggal mengarahkan kamera smartphone ke empat titik tersebut untuk mengambil gambar. Jadi ada lima gambar yang diambil, gambar keseluruhan dan empat gambar berdasarkan titiknya.

Kelima gambar tersebut selanjutnya akan disatukan menjadi satu foto beresolusi tinggi secara otomatis dengan metode stitching. Untuk perbandingan kamu bisa membandingkan gambar hasil foto manual dan hasil scan Google PhotoScan di bawah ini, kualitasnya terlihat berbeda.

Hasil gambar untuk google photoscan

 

Setelah selesai scaning, hasil foto tersebut bisa langsung disimpan ke storage smartphone atau cloud Google Drive. Bagi yang tidak puas dengan hasil foto yang standar, disediakan juga tiga fitur mengedit foto pada Google Photos.

Pertama, fitur auto enhance. Fungsinya untuk menyeimbangkan exposure dan saturation secara otomatis, agar foto terlihat lebih detail dan nyata.

Kedua, fitur 12 filter dengan machine intelligence. Ini adalah keunggulan aplikasi ini karena mampu menganalisa dan memperbaiki kekurangan foto pada brightness, saturation, darkness, dan warmth.

Ketiga, fitur light and color. Seperti editor foto yang lain, kamu bisa menyesuaikan highlights, shadows, dan warmth sesuai selera. Contohnya opsi deep blue akan cocok untuk foto berlatar biru seperti lautan dan langit.

Segera saja download dan instal aplikasi scan foto terbaik ini dan amankan semua foto terpentingmu dalam bentuk digital. Aplikasi tersedia pada Google Play dan App Store secara cuma-cuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *