Perlukah Menghapus Data Cache dan Data Aplikasi Android? dan Apa Beda Keduanya?

Perlukah Menghapus Data Cache dan Data Aplikasi Android? dan Apa Beda Keduanya?

Semua pengguna android pastinya pernah mengalami kendala saat menjalankan aplikasi. Biasanya, solusi awal yang disarankan adalah menghapus data cache aplikasi dan menghapus data aplikasi.

Kedua solusi tersebut sering dianggap sebagai obat mujarab untuk permasalahan aplikasi Android. Tapi sebetulnya perlu nggak sih melakukan keduanya, dan seperti perbedaan kedua cara yang tampak serupa itu? Berikut penjelasan detailnya.

Membersihkan Data Cache Aplikasi

Cache adalah tempat penyimpanan sementara dari perangkat, yang berisi beberapa jenis data. Tujuan dari penyimpanan sementara itu adalah untuk mempercepat dan memperlancar perangkat yang sedang beroperasi, serta mengurangi jumlah data yang diproses dan dikonsumsi.

Saat Android baru dinyalakan atau di-restart, lalu seketika itu juga langsung kamu buka satu aplikasi. Kamu akan merasakan bagaimana aplikasi berjalan lambat terlebih dahulu.

Namun tak lama kemudian aplikasi bisa berjalan lancar dan lebih cepat. Itu karena ada peningkatan kecepatan setelah peluncuran awal berkat data cache ini.

Begitu juga saat kamu browsing dan mengunjungi situs pertama kali, biasanya situs baru bisa memuat lebih cepat saat kunjungan yang kedua. Sekali lagi, itu adalah karena file seperti gambar pada situs sebelumnya telah disimpan dalam cache.

Sebetulnya banyak pengguna android tidak terlalu ambil pusing untuk menghapus data cache secara manual dan berkala, apalagi sebetulnya data cache kadang membantu membuka aplikasi lebih cepat.

Namun, kalau aplikasi mulai bermasalah (ngelag atau bug) barulah mereka terdorong untuk mengambil langkah menghapus data cache secara manual seperti cara di bawah ini.

Dalam menu Apps, arahkan ke semua tab untuk melihat data yang tersimpan

Ketika kamu menghapus sebuah data cache aplikasi, berarti kamu akan menghapus file-file sementara yang ditempatkan di sana, dan ternyata seringkali itu bisa jadi solusi yang efektif.

Perlu dicatat, bagaimanapun juga menghapus data cache bukanlah jaminan untuk memulihkan kinerja aplikasi. Bisa jadi ada permasalahan lain yang membuat kinerja aplikasi melambat.

Menghapus Data Aplikasi

Boleh dibilang menghapus data aplikasi adalah langkah lebih lanjut dalam mengatasi kendala aplikasi. Menghapus data aplikasi juga dianggap “lebih berat”, karena lebih beresiko ketimbang data cache.

Jika kamu memilih untuk menghapus data aplikasi, berarti kamu akan menghapus pengaturan aplikasi, preferensi, data akun, media, atau riwayat lainnya yang terkait aplikasi.

Menghapus data berarti kamu mereset aplikasi kembali ke default, atau persis sama seperti pertama kali mengunduh dan menginstal.

Misalnya, kamu telah lama menjalankan aplikasi fitnes. Kamu telah banyak merubah dan menyimpan pengaturan, juga riwayat latihan.

Jika membersihkan cache tak akan mempengaruhi pengaturan yang tersimpan, maka menghapus data aplikasi akan juga menghapus semua pengaturan dan data-data aplikasi lainnya.

Dalam Kondisi Apa Keduanya Bisa Diterapkan?

Sebetulnya tidak ada yang baku, sesuai dengan preferensi Pengguna android saja. Bahkan bagi smartphone yang punya RAM dan Storage Internal yang lega, data cache malah memudahkan.

Namun, umumnya ada beberapa kondisi yang tepat untuk menghapus data aplikasi atau data cache. Pertama, untuk menghemat ruang penyimpanan.

Beberapa aplikasi terkadang menghabiskan hingga ber-gigabyte data yang sebenarnya tidak diperlukan lagi (aplikasi podcast contohnya). Saat ruang penyimpanan internal tak terlalu besar, menghapus data keduanya bisa jadi pilihan tepat.

Yang kedua, alasannya adalah untuk mengatur ulang aplikasi kembali ke keadaan awal (default), terlebih jika sebelumnya aplikasi sering bermasalah. Maka menghapus data tentu langkah yang tepat.

Langkah untuk menghapus data cache dan data aplikasi secara manual cukup mudah, semuanya ada di menu setting. Untuk menghapus data aplikasi dan cache satu persatu aplikasi, di setting pilih saja menu aplikasi, dan pilih aplikasi yang kamu tuju.

Untuk menghapus cache secara keseluruhan, kamu bisa membuka menu storage (penyimpanan) dalam setting. Selanjutnya arahkan ke pilihan “Clear Cached Data”, dan tekan OK. Bagi yang ingin melakukannya lebih praktis lagi, banyak aplikasi penghapus cache yang dibuat menjadi widget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *