Resmi! Android 7.0 Nougat Kini Bisa Dijajal di Perangkat Nexus dan Android One

Resmi! Android 7.0 Nougat Kini Bisa Dijajal di Perangkat Nexus dan Android One

Setelah memperkenalkan Android 7.0 Nougat versi beta satu bulan sebelumnya, Google akhirnya menepati janjinya dengan merilis Android Nougat resmi versi publik pada hari selasa (23/8/2016).

Perangkat yang mendapat keistimewaan untuk memasang Android terbaru ini sudah bisa ditebak, yakni Nexus dan Android One. Smartphone Nexus dan Android One memang selalu yang pertama kalau urusan menjajal keluaran terbaru dari Google. Itu karena keduanya dikembangkan di bawah pengawasan langsung dari Google.

Kabar tentang peluncuran Android 7.0 selama ini memang menjadi perhatian banyak kalangan. Bahkan nama android 7.0 sendiri pernah disayembarakan oleh raksasa teknologi itu agar sesuai dengan aspirasi penggunanya.

Awal juli lalu nama Nougat resmi dipilih sebagai nama android versi 7.0. Lalu berlanjut dengan peluncuran final Android 7.0 Developer Preview pada 22 juli. Sebulan berlalu, kini akhirnya publik bisa mencicipi pertama kali OS paling populer itu di beberapa perangkat Nexus dan Android One.

Perangkat smartphone yang kebagian Android Nougat itu adalah Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan Android One (General Mobile 4G). Penyebaran kesejumlah perangkat tersebut diperkirakan akan rampung pada beberapa minggu ke depan.

Bagi anda yang sudah memiliki perangkat yang terpilih itu, bisa mecoba mengunduhnya lewat opsi “Sofware Update” pada menu “Setting”.

Lalu bagaimana dengan perangkat diluar Nexus dan Android One? Semuanya tergantung dari program pengembangan dan penjadwalan vendor masing-masing.

Biasanya produsen lain terlebih dahulu akan menambahkan fitur-fitur khusus yang menjadi pembeda, dan paling penting mengecek optimal atau tidaknya Android baru pada perangkat miliknya.

Salah satu yang paling ditunggu adalah samsung. Melalui Presidennya Dongjin Koh, Samsung Mobile berjanji akan menghadirkan upgrade Android Nougat pada bulan oktober dan november nanti.

Seperti yang sudah diketahui, Android 7.0 Nougat hadir dengan beberapa fitur pembaharuan, seperti 72 emoji baru, fitur _split-screen mode_ untuk menjalankan dua aplikasi dalam satu layar, dan fitur _recent apps_.

Android Nougat juga disokong oleh Vulkan 3D graphics API untuk memudahkan para developer dalam membuat aplikasi dan game. Fitur _battery saving_ yang sudah dibenamkan di versi marshmallow, lebih diperbarui lagi dengan nama Doze on the Go.

Sumber gambar: www.thenewsrecorder.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *